Manis yang Tidak Selalu ‘Manis’


Manis.

Kata manis selalu dikaitkan dengan hal-hal yang enak dan menyenangkan.

Memang tidak salah bila kata manis hampir selalu dikaitkan dengan hal-hal tersebut di atas. Selain itu, karena manis adalah rasa berarti juga identik dengan sumber-sumber yang bisa menghasilkan rasa tersebut, kenangan gula misalnya.

Ya, gula memang manis tapi tidak selalu ‘manis’. Iya, tidak selalu ‘manis’ karena gula termasuk salah satu bahan pokok yang musiman (kalau boleh pinjam istilahnya pedagang buah). Ada saat-saat atau musim-musim dimana kebutuhan gula ini meningkat secara drastic dan signifikan, salah satunya adalah pada saat bulan Ramadan. Karena kebutuhan meningkat, sedangkan secara ketersediaan dalam keadaan tetap maka secara ilmu ekonomi dapat dipastikan jika harganya dapat melonjak.

Tetapi untungnya, Ramadan tahun ini kita dapat bernafas lega karena PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) (Persero) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertanggung jawab terhadap urusan gula-menggula ini menjamin bahwa harga gula berada di kisaran Rp 12.500 – Rp 13.000 per kilogram (kg) nya. Harga gula yang beredar di pasar sekitar Rp 15.000 per kilogram nya. RNI mencoba mengurai masalah ini dengan menambah stok gula khususnya di Jawa Barat sebanyak 400 ton. Daerah lain pun nantinya akan mendapat tambahan stok pula dari RNI.

Terkait produksi pihaknya memberi jaminan bahwa seluruh pabrik gula milik RNI mulai beroperasi sejak awal Juni, pihaknya juga menyampaikan bahwa kekosongan stok yang terjadi beberapa waktu lalu karena keterlambatan proses produksi.

“Sebanyak 58 pabrik gula mulai giling di awal Juni, jadi kalaupun sampai Mei agak kosong karena belum mulai produksi, sekarang sudah” pungkas Agung P Murdanoto, Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi RNI.

Jadi tenang aja, sob, kita masih bisa merasakan yang manis-manis kok, karena stok kenangan gulanya aman.

Categories: Wacana, Wacana Umum | Leave a comment

Post navigation

silahkan tinggalkan pesan/pertanyaan/pemesaan/saran dan kritik disini.

Create a free website or blog at WordPress.com.

Nulis Sesuka Hati

Tanpa beban, tanpa kesan

Pojok Berita

..blog News For Human Living..

It's All About Vivi...

Nothing exspecially, just try to be better

BADAR BARA

The SPIRIT OF LEARNING EVERY DAY

GitaranKlasik

seputar gitar klasik

AditKus Cas Cis Cus

cas Cis Cus terus

sukses bersama didunia maya

melangkah bersama menuju hari esok yang lebih cerah

myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Raja Bakul

Bakul Yang Sebenarnya

Fiazku

Kecerdasan Manusia Bodoh

Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Cumakatakata

Just want to say something.

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

Wonderful Cinema

Short reviews on high quality films. No spoilers.

sarungbiru

Santri Ingin Berbagi

Jeritan Anak Fkg

Use our Illussion

Mlaku-mlaku Ning Suroboyo

Penyambung lidah milis Wisata Surabaya, untuk berbagi cerita wisata di surabaya dan sekitarnya, pengobat rindu di kala jauh dari kampung halaman, info bagi yang akan mengunjungi surabaya