Tiga Tips Jitu Menggunakan Facebook Ads


facebookadslogo

Facebook. Sang raksasa media social tersebut dengan pongahnya mengumumkan bahwa platform miliknya telah memiliki lebih dari 1,9 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, dengan hampir 802.000.000 pendaftar baru setiap hari dan lima pendaftar baru tiap detik.

Dan angka-angka besar tersebut harusnya menjadi tambang emas yang sangat menjanjikan bagi para pelaku bisnis.

Setiap pemasar online tahu bahwa mereka perlu mengetahui dimana target audiens mereka menghabiskan sebagian besar waktu. Facebook adalah jawaban yang paling jelas.

Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Berpikir Untuk Menggunakan Facebook Ads

Lebih dari 30 juta merek dagang diseluruh dunia telah memanfaatkan Facebook setiap hari untuk berhubungan dengan audiens mereka. Seiring dengan meningkatnya popularitas platform dan persaingan sengit untuk menarik perhatian konsumen, Facebook kini bergerak menuju bisnis bermodel “freemium”, dimana program periklanan di media sosial menjadi sebuah unsur penting bagi keberhasilan pemasaran digital pada tahun 2014 dan seterusnya.

Namun, sementara usaha Facebook untuk membuat pengiklan membayar untuk menjangkau khalayak mereka telah meninggalkan banyak pemasar pedas, itu tidak terlalu memprihatinkan karena dalam hal ‘bang untuk uang’, Facebook adalah biaya yang lebih efektif daripada media iklan lainnya. Berikut ini beberapa alasannya:

  • Facebook menjanjikan persentase ROI yang lebih besar.
  • Karena Facebook merupakan media social dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia, maka jangkauannya juga lebih luas, hampir mencapai lebih dari 1.000 akun jika dibandingkan dari media sosial lainnya.
  • Iklan Facebook memiliki potensi untuk mencapai orang sebanyak iklan radio atau iklan TV, tetapi dengan kemampuan penargetan lebih terkontrol.
  • Kedalaman profil sosial dan data yang diberikan Facebook satu langkah di depan lebih unggul jika dibandingkan dengan platform lain (kecuali Google).
  • Anda tidak perlu anggaran besar untuk mengujicoba iklan Facebook. Jika Anda kreatif, Anda sudah bisa melihat hasilnya hanya dengan bermodal $1 per hari.

Berikut tiga tips yang berguna untuk mempekerjakan iklan Facebook dalam strategi pemasaran Anda:

1. Pilihlah Iklan Yang Ditempatkan Di Newsfeed Daripada Iklan Yang DIletakkan DI Sebelah Kanan Layar

Mari kita tempatkan diri kita pada sudut pandang para pengunjung / pengguna Facebook.

Kira-kira, mengapa mereka login ke Facebook? Untuk menikmati iklan?

Jawabannya tentu saja tidak. Kebanyakan orang masuk ke Facebook untuk terhubung dengan teman-teman mereka, untuk dihibur atau untuk mendapatkan berbagai informasi. Dan berbagai alasan penggunaan Facebook ini hamper semuanya terletak pada news feed atau timeline.

Oleh karena itu, apakah iklan yang terletak pada sisi kanan layar akan mendapatkan perhatian mereka? Mungkin saja, namun persentasenya akan sangat minim.

Ketika Anda beriklan, apapun tujuannya, pertama-tama Anda harus bisa mendapatkan perhatian konsumen, dan untuk melakukan itu, Anda perlu untuk menyampaikan iklan dalam konteks yang familiar dengan pengalaman para pengguna / target. Ingat, tidak peduli seberapa baik iklan Anda, tanpa perhatian konsumen Anda tidak punya apa-apa.

Selain itu, iklan yang diletakkan pada news feed adalah satu-satunya jenis iklan yang muncul di perangkat seluler. Menilik penggunaan mobile internet yang telah melebihi penggunaan desktop internet akhir-akhir ini, maka iklan yang dioptimasi untuk tampilan ponsel akan memainkan peranan yang penting dalam kesuksesan Anda ketika beriklan di Facebook.

2. Menggunakan Custom Audience Target

Custom Audience Target memungkinkan Anda untuk mengkustomisasi program periklanan Anda untuk prospek yang sudah memiliki hubungan dengan Anda. Anda dapat meng-upload daftar email, daftar nomor telepon, lingkaran-lingkaran koneksi Anda di Google+, pengguna aplikasi atau Facebook ID dan menargetkan iklan Anda pada kelompok-kelompok tersebut. Ketika intensitas email marketing Anda menurun, meng-upload daftar email Anda dan menargetkan iklan Anda melalui Facebook bisa menjadi cara yang sempurna untuk mendapatkan kembali perhatian konsumen tersebut. Ingat, perhatian adalah kunci dalam pemasaran media sosial. Tanpa itu, program pemasaran Anda akan sia-sia.

Alat lain yang efektif dalam kebiasaan penonton adalah fitur Conversion Pixel. Setelah Anda menginstall Conversion Pixel pada website Anda, Anda dapat membangun penonton kustom berdasarkan aktivitas pengunjung website Anda, yang nantinya dapat digunakan untuk menayangkan iklan pula.

3. Ubahlah Tampilan Iklan Secara Berkala Untuk Memaksimalkan CTR (Click-Through Rates)

Jika Anda sering menggunakan Facebook, Anda mungkin telah pernah menjadi sasaran iklan sebelumnya. Hanya masalah waktu sampai Anda dibuat frustrasi oleh iklan-iklan tersebut. Istilah teknis untuk hal ini adalah “ad fatigue”. Kelelahan terhadap iklan.

Faktanya, ada “frekuensi iklan” maksimal yang tidak boleh Anda lampaui. Jika tidak, maka iklan-iklan tersebut akan memberikan dampak negatif pada usaha Anda. Selain itu, penting pula untuk memahami bahwa jika Anda terlalu mengekspos audiens Anda untuk iklan, tingkat CTR atau “klik” akan turun. Perlu diketahui, Facebook lebih “menyenangi” iklan-iklan dengan tingkat dengan tingkat “klik” yang tinggi.

Solusi dari masalah ini adalah dengan mengubah atau merotasi iklan untuk menjaga tingkat kreativitasnya, baik dari segi gambar maupun teks. Jika frekuensi CTR mulai turun drastis, Anda perlu mengubah iklan sesegera mungkin.

Kesimpulan

Tidak ada keraguan bahwa Facebook sedang bergerak menuju bisnis model “freemium”. Anda tidak akan dipungut biaya untuk mendaftar dan mendapatkan layanan dasarnya, namun Anda harus membayar jika ingin bermain di meja yang lebih besar. Sebuah kesalahan yang cukup fatal jika Anda mengabaikan Facebook Ads, mengingat jumlah pengguna Facebook terlalu besar untuk dipandang sebelah mata. Disamping itu, banyak tools dalam Facebook Ads yang dapat Anda gunakan untuk mengungguli platform lain. Maksimalkan penggunaan fitur-fitur di dalamnya untuk semakin mengembangkan bisnis Anda.

Categories: Wacana | Tags: , , , , , , , , | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Tiga Tips Jitu Menggunakan Facebook Ads

  1. Saya tertarik untuk beriklan lewat facebook ads tapi terkendala pembayaran yg harus menggunakan kartu kredit😦

silahkan tinggalkan pesan/pertanyaan/pemesaan/saran dan kritik disini.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Nulis Sesuka Hati

Tanpa beban, tanpa kesan

Pojok Berita

..blog News For Human Living..

It's All About Vivi...

Nothing exspecially, just try to be better

BADAR BARA

The SPIRIT OF LEARNING EVERY DAY

GitaranKlasik

seputar gitar klasik

AditKus Cas Cis Cus

cas Cis Cus terus

sukses bersama didunia maya

melangkah bersama menuju hari esok yang lebih cerah

myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Raja Bakul

Bakul Yang Sebenarnya

Fiazku

Kecerdasan Manusia Bodoh

Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Cumakatakata

Just want to say something.

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

Wonderful Cinema

Short reviews on high quality films. No spoilers.

sarungbiru

Santri Ingin Berbagi

Segelas Kopi Susu

manis dan pahit kehidupan

UNTUKMU DAN AKU JUGA

just another silly blog of mine

Mlaku-mlaku Ning Suroboyo

Penyambung lidah milis Wisata Surabaya, untuk berbagi cerita wisata di surabaya dan sekitarnya, pengobat rindu di kala jauh dari kampung halaman, info bagi yang akan mengunjungi surabaya

%d bloggers like this: